Mulai Hidup Sehat Part 2 | Sehat Jasmani, Sehat Rohani | #MulaiHariIni

 #30HARIBLOGBER #BloggerMedan #Day2

Assalamu'alaikum semuanyaa....

Apa kabar? aku harap semuanya baik-baik saja dan apapun yang terjadi yakinlah itu yang terbaik yang Tuhan berikan.

Bagaimana dengan puasa hari kedua ini? Sudah dicoba menu sehat ala @kakdilla_?

Alhamdulillah kita semua masih diberikan kesehatan dan keselamatan sampai kita bisa melalui puasa hari kedua ini dengan baik. Tidak terasa ya, semua berjalan begitu cepat dan akan menjadi sia-sia nih jika kita tidak memiliki target dan rencana kegiatan yang jelas selama bulan Ramadhan.

Seberapa Penting Memiliki Target Selama Bulan Puasa?

Insyaa Allah jika kita memiliki target dan rencana kegiatan yang jelas selama bulan Ramadhan kita akan lebih terarah dan mudah-mudahan menjadi perjalanan Ramadhan terbaik dalam hidup kita. Membahas tentang target Ramadhan, kamu sudah punya target belum? Target kamu bisa apa saja, misal lebih dekat dengan Allah, mengkhatamkan Al-Qu'an atau juga bisa sambilan menurunkan berat badan.

Nah, banyak banget dari kita yang sekalian mau menurunkan berat badan selama bulan puasa. Kebetulan aku juga. Siapa disini yang samaan dengan aku? Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan saat puasa adalah momen yang tepat. Asalkan ada niat dan dimulai dari sekarang ya, jangan besok.

Tips sehat dan bugar jasmani sangat mendukung aktifitas rohani kita loh. Kita jadi semangat dalam ibadah dan tidak mudah mengantuk. Aku akan berbagi tips bagaimana sehat jasmani dengan olahraga selama bulan Ramadhan yang telah aku lakukan. Selamat membaca, semoga bermanfaat!

1. Luruskan Niat

Olahraga bukan semata-mata ajang untuk menurunkan berat badan. Kamu harus ketahui olahraga memang perlu dilakukan agar badan kita tetap sehat. Hanya saja untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan, durasi dan intensitas olahraganya lebih lama agar lemak yang terbakar juga lebih banyak. Oiya, olahraga bukan hanya untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih loh. Tapi, juga perlu dilakukan untuk berat badan ideal dan yang kurus juga. Agar tetap sehat ya teman-teman.

2. Olahraga Dengan Bahagia

Bagaimana olahraga dengan happy ? Olahragakan bikin capek? Nah, kamu harus pilih gerakan olahraga apa yang cocok dan nyaman buat kamu. Kamu bisa cari dan coba berbagai bentuk olahraga. Ada banyak macam jenis olahraga kardio dan angkat beban yang bisa kamu tiru. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan personal trainer agar lebih terarah. Pilihlah jenis olahraga yang banyak bakar lemak tapi enggak buat kamu terlalu lelah karena kalau terlalu lelah kamu akan tidak semangat lagi dalam berolahraga. Kalau aku sih, enggak sanggup olahrga kardio seperti lari. Aku olahraga kardio dengan melakukan jumping jack dan climbing. Cukup bisa keluarin banyak keringat dan melatih jantung. Sisanya aku melakukan kegiatan olahraga yang angkat beban dan bodyweight untuk mengecilkan perut serta lengan aku. Jadi, kalau kamu cinta dengan gerakan olahraganya, enggak buat kamu kelelahan berlebihan pasti kamu akan ulangi lagi. Dalam olahraga kuncinya konsisiten ya teman-teman.

3. Waktu Tepat Untuk Berolahraga Selama Puasa

Kita yang paling tahu kemampuan tubuh kita. Jadi, setiap orang memiliki waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Ada yang suka olahraga pagi-pagi sebelum sahur. Ada juga yang sore hari sebelum berbuka, ada juga yang setelah sholat taraweh. Nah, kamu bisa berkonsultasi dengan yang ahlinya jika belum tahu waktu yang tepat berolahraga selama puasa untuk diri kamu. Kalu aku biasanya olahraga pagi hari sebelum sahur, sebelum berbuka puasa dan setelah taraweh. Waktu ini menurut aku enggak buat aku kelelahan saat olahraga karena ada tenaga dari asupan yang dimakan setelah olahraga dan sebelum olahraga.

4. Kuatkan Diri

Hal yang paling menyebalkan adalah saat kita lagi berusaha lebih sehat dan menurunkan berat badan, adaaa aja orang yang bilang kita "ih kok gak kurus-kurus?". Jadi gini ya, kita naikin berat badan butuh berbulan-bulan kan? Lemak yang terus kita tumpuk dari hari ke hari. Jadi, menurunkannya juga butuh proses. Enggak ada di dunia ini yang instan kecuali mie instan. Jangan dengarkan orang lain, fokus dengan tujuan dan jawab ucapan orang lain dengan pembuktian. 


Nah, untuk kamu yang masih suka ngeyel, "duh, aku orangnya emang susah kurus". Menurut aku ya yang pernah kurus dan sedang gemuk ini. Sebenarnya ya bukannya kita yang susah kurus tapi emang makannya kita aja yang masih banyak. Asupan kalori kita tetap masih banyak tiap harinya daripada kalori yang kita keluarkan tiap hari. "Aku uda makan sikit, tapi enggak kurus juga" atau "Aku uda makan banyak tapi belum gemuk juga". Sedikit apa sih yang kalian makan? Mungkin menurut kalian sedikit tapi sebenarnya masih banyak, masih kebablasan sama minuman manis yang sedikit tapi kalorinya banyak setara nasi bungkus :'). Lalu, sebanyak apa sih yang kalian makan sampai enggak gemuk-gemuk. Mungkin emang masih belum banyak aja. Belum banyak banget. Kalau sudah banyak pasti sudah jadi kayak aku yang gemuk ini. Aku enggak mau lagi buat pembelaan aku emang orangnya tulangnya besarlah atau aku nafas aja jadi daging. Aku akui emang makan ku aja yang banyak makanya bisa gemuk. So, enggak ada kata terlambat kalau kalian mau hidup lebih sehat mulai dari sekarang ya.

Demikian, Tips sehat jasmani dengan olahraga dari @kakdilla_ selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Terima kasih,

Wassalamu'alaikum wr.wb

Comments

  1. Olahraga yang bikin bahagia adalah zumbaaa. Tuk wak tuk wak tuk wak gak pat. Hahahahaha.

    Terima kasih tulisannya, Kak Dila.

    ReplyDelete
  2. Untuk hal luruskan niat ini mungkin yang paling susah, sudah niat sudah di jalankan, beberapa hari kemudian lupa dengan niatnya 😂

    ReplyDelete
  3. niat sudah ada dan lurus, hanya realitanya... :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Terlihat Simpel Dan Minimalis Tapi Di Dalamnya.... |Dominico Garden

Medan X Beauty 2022

Jangan Takut Berjuang Sendirian